Tags

, , ,


Malam dingin
Secangkir kopi Mandailing
Citarasanya menyekap tubuh lusuh tuannya
Mereka petani kopi khas nusantara
Mereka korban feodal modern bernama Indonesia

Malam dingin
Secangkir kopi toraja
Dan aku teringat Portugis masuk melalui selat Malaka
Menyusuri perairan surga, mencari penghidupan untuk bangsanya
Celakanya dibuntuti persekutuan dagang VoC Belanda
Sedangkan petani kopi lusuh menghembuskan nasibnya
Para inlander berebut kursi di bangkai rakyatnya
Menjalin hubungan mesra dengan timbal balik darah dan air mata

Malam dingin
Secangkir kopi jawa dengan dentuman musik memecah kepala
Apakah nasib kita sekarang berbeda?
Kita cucu ato cicit petani kopi tua yg mati itu
Nasib kita sama dengan para pendahulu kita

Malam dingin
Secangkir kopi dingin
Persetan dengan semua
Dijaman yg penuh dogma angkara
Aku menantang kita
Aku menantang kita
Seberapa besar nyalimu kesatria
Atokah hanya jawara picisan
Inlandergadungan
Ato kita bisa membalikan jaman dalam gelap

Malam dingin
Secangkir kopi manis
Aku menangis
Secangkir kopi pahit
Aku menjerit

Malam dingin
Perlahan redam dalam asa rasa